Oleh: Ferdy Moidady
PENDIDIKAN merupakan pilar utama dalam membangun generasi yang mampu menghadapi tantangan masa depan.
Kini, ada tuntutan kuat untuk mengembangkan sistem pendidikan yang tidak hanya mengikuti perkembangan, tetapi juga mampu menerobos batas-batas konvensional.
Dalam konteks ini, sejumlah pakar pendidikan memberikan pandangan yang berharga.
Menurut Profesor Aminah Rahayu, seorang pakar pendidikan, “Pendidikan yang efektif saat ini harus memiliki sifat menerobos, dengan kemampuan untuk menciptakan terobosan, tembusan, dan loncatan ke arah yang lebih baik.”
Beliau menekankan pentingnya melihat pendidikan sebagai sarana untuk membangun generasi yang kreatif, inovatif, dan siap menghadapi perubahan dinamis dalam masyarakat global.
Pencarian terus-menerus terhadap peluang, kesempatan, dan kemungkinan menjadi fokus utama.
Dr. Budi Utomo, psikolog pendidikan, menyatakan, “Melihat celah-celah dalam pendidikan adalah kunci untuk mengidentifikasi peluang yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.”
Dalam era teknologi dan informasi, mencari peluang digital dan memanfaatkannya secara efektif menjadi suatu keharusan.
Pengkondisian pendidikan juga merupakan aspek penting dalam merumuskan pendekatan yang menerobos.
Dr. Siti Widarti, ahli kurikulum, berpendapat, “Pendidikan harus dikondisikan agar menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kreativitas dan kemampuan adaptasi siswa.”
Pengintegrasian teknologi, pembelajaran berbasis proyek, dan pendekatan yang berpusat pada siswa adalah langkah-langkah yang dapat menciptakan kondisi ideal.
Pemotivasian menjadi kunci dalam merangsang minat dan semangat belajar.
Menurut Profesor Hasan Santoso, pakar motivasi dalam pendidikan, “Pendidikan yang menerobos harus dapat memotivasi siswa untuk aktif belajar dan mengembangkan minat mereka secara alami.”
Menerapkan metode pembelajaran yang menantang dan relevan dengan kehidupan sehari-hari adalah strategi efektif untuk meningkatkan motivasi siswa.
Penginspirasian menjadi landasan bagi terciptanya lingkungan pendidikan yang dinamis dan berkualitas.
Dr. Retno Wulandari, seorang pendidik inspiratif, menegaskan, “Guru dan pembimbing perlu menjadi sumber inspirasi bagi siswa, membantu mereka melihat potensi diri dan mengarahkan langkah-langkah menuju tujuan mereka.”
Keberhasilan pendidikan menerobos tidak hanya terletak pada metode pembelajaran, tetapi juga pada relasi antara guru dan siswa.
Dengan merangkum pandangan para pakar pendidikan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendidikan yang menerobos memerlukan kesadaran terhadap peluang, kemampuan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang ideal, motivasi yang kuat, dan inspirasi yang menggairahkan.
Hanya dengan pendekatan holistik inilah kita dapat membentuk generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan dengan segala terobosan dan loncatan yang diperlukan.
Semoga Allaah Yang Maha Pengasih dan Maha Berkuasa Atas Apapun, membimbing kita untuk melompat kedepan, ke pendidikan terbaik, tanpa henti dan tanpa henti. *
Discussion about this post